22 September 2010

Indonesia Mengekspor Ilmuwan Muda


Apa tidak salah judul artikel saya ini ? Sejak kapan Indonesia mengekspor para ilmuwan muda ? Jawabannya sejak Anda membaca blog saya ini.

Indonesia melepas begitu banyak para ilmuwan muda kita hanya gara-gara tidak diperhatikan oleh pemerintah. Komisi X DPR RI juga mengiyakan hal yang sama. Lantas pada lari kemana ilmuwan muda kita ? Tersebar dibanyak negara tapi “importir” terbesar adalah Malaysia dan Singapura. Bahkan saya berasumsi majunya kedua Negara itu juga karena turut andil para ilmuwan kita yang “mengabdi” untuk kedua Negara tersebut.

Sangat disayangkan memang apa yang telah terjadi, para ilmuwan-ilmuwan muda yang diharapkan dapat menjadi “penopang” Negara ini di masa yang akan datang malah memutuskan untuk “membelot” ke Negara lain. Tapi Anda jangan menyalahkan para ilmuwan muda kita, mereka melakukan hal itu karena pemerintah kurang memperhatikan mereka. Pemerintah jarang bahkan sangat jarang memberikan para ilmuwan tersebut dana hibah untuk melakukan penelitian. Sementara Negara lain siap memberikan dana yang berlimpah untuk melakukan penelitian dan bahkan Negara tersebut siap “menyekolahkan” mereka kembali demi memperdalam dan memperluas ilmu yang para ilmuwan itu miliki. Itulah alasan utama mereka akhirnya “pindah” ke Negara lain.

Lantas apakah kita sudah kehabisan “stok” ilmuwan di Negara yang kita cintai ini ? Menurut saya tidak. Masih banyak para “calon ilmuwan” yang siap menjadi penggati para ilmuwan yang telah pergi itu dan yang pasti mereka akan siap mengabdi untuk Negara ini jika pemerintah mau “berinvestasi” dengan memberikan dana hibah penelitian untuk mereka. Toh pada akhirnya hasil penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan-ilmuwan tersebut berguna demi kemajuan bangsa kita.

1 komentar:

  1. sya telah mesukan link anda kedalam blog saya tolong masukan juga link saya kedalam blog anda
    Nama Blog: Game Gratis
    Deskripsi: Gratis Download Game Selamanya
    URL :http://realfreegame.blogspot.com/

    silahkan anda cheak untuk kebenarannya

    BalasHapus